Share on Facebook

Perbandingan Antara Not Angka dan Not Balok

Not Angka vs Not Balok

NotasiMusik adalah situs yang menyediakan not angka dan notasi balok secara gratis untuk bahan edukasi, kurang lengkap rasanya jika tidak memberikan informasi detail antara keduanya.

Kurang lebih perbandingannya seperti dalam tabel di bawah ini:

Not AngkaNot Balok
PenggunaHanya di asiaSeluruh dunia
Jumlah nadaMonofonikPolifonik
Oktavhanya 3 oktavbisa untuk banyak oktaf
InstrumentAlat musik melodisSemua bisa (perkusif juga bisa)
NotasiHanya untuk nada sederhanaNotasi yang rumit bisa ditulis di sini
PembacaSusah jika belum pernah mendengar lagunyaBisa memainkan meski belum pernah mendengar lagunya
Tingkat kesulitanMudahTinggi

Inilah penjelasan dari tabel di atas.

Pengguna Not Angka vs Not Balok

Berdasarkan data di Wikipedia bahwa notasi angka hanya dipakai di beberapa negara asia diantaranya India, Indonesia dan Tiongkok (China) itu pun berbeda di setiap negara, tidak seperti notasi balok atau standard notation, dipakai di banyak negara termasuk Indonesia.

Jumlah Nada

Not angka hanya bisa  me nulis satu nada dalam waktu bersamaan (monophonic) sedangkan dalam notasi balok, kita bisa menulis banyak nada bahkan membentuk kord dalam waktu yang sama (polyphonic), jika dalam not angka ada suara 2 maka harus dibuat 2 baris, sedangkan dalam notasi balok bisa dalam satu baris.

Oktav

Not angka hanya bisa 3 oktav, dari do dengan titik di bawah sampai dengan si dengan titik di atas, sedangkan not balok bisa untuk banyak okta, bahkan tiap instrument dengan range nada berbeda punya simbol sendiri

Instrument

Not angka tidak bisa menulis nada untuk alat musik ritmis seperti drums, berbeda dengan not balok

Notasi

Banyak lagu yang memang tidak bisa ditulis dengan not angka, misalnya lagu yang temponya swing, overtone di tengah lagu dll, jangan heran jika request anda belum tentu dibuatkan oleh NotasiMusik

Pembaca

Kalau belum pernah mendengar sama sekali lagunya, mungkin akan merasa kesulitan, tapi jika anda sudah bisa membaca not balok, anda bisa memainkan lagu apa saja meski belum pernah mendengarnya, itulah kenapa orkestra tidak menggunakan not angka.

Tingkat kesulitan

Kelebihan not angka adalah mudah dipelajari, karena sama-sama untuk menuliskan sebuah lagu dalam sebuah kertas atau dokumen. Not angka lebih mudah dicerna oleh anak-anak Indonesia.
Tidak ada salahnya mempelajari keduanya, dan tidak ada salahnya juga bila belajar secara otodidak, seperti admin NotasiMusik pun tidak pernah mengikuti pendidikan formal di musik, belajar dan terus belajar #AkuYakinBisa.